Friday, April 20, 2012

Pertemuan Kelima Pelatihan Menulis "Ini Karyaku!" di PA Muslimin

by Fita Chakra & Ratih Soe

  1.  Pelatih membagikan materi presentasi dari pertemuan-pertemuan sebelumnya, dan karya yang sudah dikomentari.
  2. Untuk mengulas beberapa kesalahan tata bahasa yang ditemukan dalam tugas di minggu-minggu sebelumnya, peserta diminta mengerjakan latihan tertulis yang dikerjakan berpasangan. 
  3. Setelah jawaban dibahas, pasangan dengan jawaban benar terbanyak mendapat hadiah alat tulis. 
  4. Diskusi berpasangan:  peserta membagikan kertas berisi hal-hal yang membuat awal cerita jadi menarik.  Peserta diminta menjodohkan setiap poin di kertas dengan penggalan-penggalan awal cerita yang akan mereka lihat di layar.
  5. Pelatih menampilkan satu per satu penggalan-penggalan bagian awal cerpen di layar sementara peserta mengerjakan soal. 
  6. Setelah jawaban dibahas, pasangan dengan jawaban benar terbanyak mendapat hadiah alat tulis. 
  7. Pelatih menjelaskan cara membuat awal yang menarik, lalu memunculkan penggalan-penggalan
  8. awal cerpen dan membahasnya bersama peserta. 
  9. Peserta mengidentifikasi: 1. Emosi kuat yang melanda tokoh | 2. Aksi/gerak dinamis tokoh | 3. Pengaktifan panca indera | 4. Interaksi antar tokoh | 5. Mahluk yang unik | 6. Deskripsi tempat yang unik | 7. Situasi yang aneh
  10. Peserta memperbaiki bagian awal tulisan mereka dalam waktu 15 menit.  Pelatih memilih dua tulisan untuk dibaca keras dan dikomentari, lalu memilih satu yang layak mendapat hadiah buku.
  11. Pelatih menjelaskan cara membuat bagian tengah yang menarik, lalu memunculkan penggalan-penggalan bagian tengah cerpen dan membahasnya bersama peserta.  Peserta mengidentifikasi: 1. Tokoh | 2. Konflik | 3. Emosi tokoh yang digali
  12. Peserta memperbaiki bagian bagian tengah tulisan mereka dalam waktu 15 menit.  Pelatih memilih tiga tulisan untuk dibaca keras dan dikomentari, lalu memilih dua yang layak mendapat hadiah buku.
  13. Pelatih menjelaskan cara membuat akhir yang menarik, lalu memunculkan penggalan-penggalan bagian akhir cerpen dan membahasnya bersama peserta.  Peserta mengidentifikasi bentuk kejutan (fakta baru/pesan moral/misteri/komedi) dan isi kejutan. 
  14. Peserta memperbaiki bagian bagian akhir tulisan mereka dalam waktu 15 menit.  Pelatih memilih empat tiga tulisan untuk dibaca keras dan dikomentari, lalu memilih tiga yang layak mendapat hadiah buku.
  15. Pelatih membagikan hadiah-hadiah buku yang belum dibagikan di pertemuan kedua untuk para peserta yang pada waktu itu menyerahkan cerita dengan struktur yang paling jelas dan konflik yang paling menarik.
  16. Untuk meninjau ulang pelajaran hari itu sambil melemaskan otot-otot tangan, pelatih mengajak pemain bermain Cabut Kartu. 1. Peserta diminta melihat kartu kata yang sudah ditempel (sebelum kelas mulai) di dinding bagian belakang kelas. Setiap kartu berisi jawaban soal. Pelatih akan membacakan soal satu per satu.| 2. Peserta berdiri dan berbaris dalam dua kelompok. | 3. Anggota kelompok yang berdiri terdepan harus mencabut kartu yang benar dari dinding dan berlomba menyerahkannya pada pelatih, lalu lari ke bagian belakang barisan. Begitu seterusnya hingga semua soal habis dibaca.
  17. Sebagai pekerjaan rumah, peserta diminta mengerjakan soal-soal latihan tata bahasa.

0 comments:

Post a Comment